OSTEOPOROSIS

Kamis, 14 Oktober 2010

MULAI MENGANCAM USIA MUDA

Osteoporosis atau keropos tulang dijuluki the silent killer karena sifatnya yang kalem dan tenang, tidak terdeteksi. Awanya penyakit ini dianggap hanya mengancam orang tua, namun ternyata anggapan ini salah.
Seperti yang sudah kita ketahui, osteoporosis adalah penyakit keroposnya tulang akibat berkurangnya massa dan kepadatan tulang. Memang biasanya penyakit ini menyerang orang-orang yang berusia di atas 50 tahun untuk laki-laki dan di atas 40 tahun bagi wanita. Namun osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita. Karena hormon estrogen yang menurun kadarnya dalam tubuh wanita sejak usia 35 tahun mempengaruhi rapuhnya tulang.
Selain itu, menopause yang terjadi pada wanita juga ikut memengaruhi. Itulah sebabnya mengapa usia merupakan factor utama pnyebab penyakit ini. Selain karena pertumbuhan tulang yang sudah terhenti, fungsi organ tubuh pun menurun.

PEMBUNUHAN DIAM-DIAM

Mungkin terdengar sepele, sepertinya hanya masalah tulang yang rapuh seiring bertambahnya usia, namun kenyataannya sebaliknya. Penyakit ini diam-diam berbahaya sampai dijuluki the silent killer. Mengapa begitu? Sebab osteoporosis bisa muncul tanpa gejala selama bertahun-tahun.
Ya, seringkali osteoporosis tidak menyebabkan gejala apapun sampai si penderita mengalami patah tulang. Karenanya, seringkali pasien tidak menyadari kondisi osteoporosis mereka hingga merasakan sakit akibat patahan. Bayangkan bila tulang yang merupakan penunjang tubuh ini rapuh, keropos dan patah., akibatnya mulai dari rasa sakit yang luar biasa dalam jangka waktu panjang, lumpuh, kemunduran kualitas hidup hingga kematian. Belum lagi biaya perawatan dan terapi yang pastinya tidak sedikit dan tidak sebentar.

MULAI MENYERANG USIA MUDA

Karena fakta-fakta tersebut, osteoporosis dianggap hanya menyerang orang yang telah melewati usia menopause. Namun ternyata anggapan itu salah, saat ini osteoporosis mulai banyak dijumpai pada orang muda. Sedikit berbeda dengan penderita usia tua, pada penderita usia muda, osteoporosis disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat pada orang.

0 komentar: