MAKANAN SUPER UNTUK KESEHATAN

Kamis, 14 Oktober 2010

Makanan berikut bukan hanya kaya cita rasa dan vitamin, tapi juga mengandung nutrien yang mencegah penyakit, dan rendah kalori. Karena itu disarankan untuk di makan sehari – hari. Terdiri dari :

KIWI

Sumber baik potassium, serat, vitamin A dan E, dan termasuk satu-satunya buah yang mmberikan semua ini. Padat secara nutrisional dan penuh antioksidan. Makan tersendiri atau sebagai campuran salad dan dessert.

BUAH-BUAHAN BERRY

Menambahkan cita rasa dan nutrisi pada sejumlah makanan, dari salad dan serealia sampai yugort dan makanan panggangan. Kendati pun kecil dalam ukuran, berry kaya sejumlah besar antioksidan. Selain itu, berry rendah kalori, tinggi serat dan air yang membantu mengendalikan gula darah. Blueberry memimpin dengan nilai nurtrisional, memuaskan keinginan makan makanan manis dengan sedikit kalori.

YOGURT POLOS

Makanan ini komplit dan ekonomis. Campur dengan buah untuk mengendalikan kalori dan rasa manis dan tambahkan dalam banyak makanan dan dessert. Yogurt kaya kalsium, potassium, dan protein. Jika tak suka yogurt, coba susu skim.

KACANG-KACANGAN (NUT)

Dalam jumlah sedikit sudah bisa memenuhi kebutuhan banyak nutrient : protein, lemak-lemak sehat untuk jantung, tinggi serat dan kaya antioksidan. Tambahkan pada salad dan side dishes untuk membantu menurunkan berat badan dan kolesterol.

UBI JALAR

Pemimpin dalam kandungan vitamin A dan rasa manis alamiah. Jadi tak pelu lagi menambahkan yang lainnya sesudah dimasak. Sudah enak dimakan begitu saja. Sayuran oranye tua lainnya yang juga baik adalah labu kuning, wortel, butternet squash, dan paprika oranye.

BROKOLI

Tersedia sepanjang tahun dan jadi sayuran favorit banyak keluarga. Brokoli kaya vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan serat. Juga membantu rasa kenyang dan mengendalikan berat badan. Bisa dimakan mentah, kukus sebentar panggang, dan paling baik untuk sup dan pasta.

KACANG-KACANGAN (BEAN)

Mengenyangkan dan membantu mengeluarkan sampah dari dalam tubuh. Caranya : bean kaya serat larut dan serat tak larut yang membantu menurunkan kolesterol. Juga sumber protein yang baik, rendah lemak, kaya magnesium dan potassium.

TELUR

Sumber protein bermutu. Telur juga serba guna dan ekonomis. Bonus tambahan : mengandung 12 vitamin dan mineral, termasuk choline yang baik untuk perkembangan otak dan ingatan.

SALMON

Kandungan asam lemak omega -3 di dalam makanan ini membuatnya super berkhasiat. Selain itu, salmon tinggi protein dan zat besi. Di sarankan makan ikan berminyak rendah kalori seperti salmon 2 kali seminggu.

0 komentar: